Kamis, 30 Juli 2020

Review Pastry


                Hasil analisa persaamaan dan perbedaan biskuit, pastry, roti maryam dan bakpia berdasarkan karakteristik produk, bahan utama dan proses pembuatan berdasarkan video dan studi literatur.

Tabel 1  Persaamaan dan perbedaan biskuit, pastry, roti maryam dan bakpia berdasarkan karakteristik produk, bahan utama dan proses pembuatan

Parameter
Biskuit
Pastry
Roti Mande/Maryam
Bakpia
Karakteristik produk
Kering, tipis, keras, dan renyah
Bagian luar renyah tetapi bagian dalam lembut, bentuk beraneka seperti lonjong, bundar serta tersusun berlapis-lapis.
Berbentuk bundar tipis dengan permukaan terlihat seperti lingkaran spiral yang terhubung dari tengah roti sampai ke bagian paling luar.
Berbentuk bulat pipih, berwarna kuning kecoklatan, kulit renyah, dengan isi yang lembut. Terdapat banyak varian isi, isian paling terkebal adalah kacang hijau.
Bahan utama
Tepung terigu berpotein rendah, gula, air, shortening/margarin, bahan pengembang, gula terkadang ada tambahan seperti coklat, buah-buahan, dan rempah-rempah.
Tepung terigu berprotein tinggi, margarin, mentega pastry, telur, air, garam
Tepung terigu berprotein tinggi, margarin, mentega, telur, garam, minyak, air, susu cair
Tepung teriguprotein rendah, margarin, air, gula, garam,
Proses pembuatan
Pencampuran secara multiplestage (cream up, liquid stage, flour stage), Pencetakan, pemanggangan dengan cara dilewatkan pada oven pemanas arau dilakukan pada oven suhu 218°C-232°C selama 15-20 menit serta dilakukan pendinginan dalam waktu yang tidak cepat karena perubahan suhu yang drastis menyeabkan keretakan biskuit.
Pencampuran, resting adonan agar pati menyerap cairan serta membuat adonan lebih elastis, kemudian dilakukan rolling dengan pin roll yang digerakkan satu arah, selanjutnya masuk ke tahapan pelipatan dan pemipihan secara berulang agar mentega terbungkus antar lapisan serta adonan disimpan dalam suhu rendah agar shortening dan terigu tidak bercampur, adonan pastri tidak boleh terlalu tebal karena produk bisa tidak mengembang dan tidak akan matang. Setelah itu dilakukan pemotongan dan pemanggangan pada suhu 200°-220°C selama 20 menit.
Pencampuran dilakukan secara multiple stage (terutama yang bagina cair, kemudian dicampur dengan komponen lain seperi terigu), lalu adonan yang sudah kalis dibiarkan dalam wadah tertutup selama 30 menit, setelah itu dilakukan pembentukkan dengan cara adonan dibulatpipihkan dengan ketebalan 0.5 cm, dan kemudian digoreng dengan wajan anti lengket atau dengan wajan yang berisi minyak hingga matang. Seelah matang, produk ditiriskan.
Pencampuran, rolling hingga membentuk lembaran serta mngeluarkan udara dari adonan dan melembutkan tekstur. Kemudian dilakukan pmbentukkan dangisian dan selanjutnya pemanggangan dengan suhu tinggi sehingga terbentuk warna yang kecoklatan. Setelah itu bakpia didinginkan pada udara terbuka agar tidak membentuk uap air,


1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa x-)
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus