Kamis, 30 Juli 2020

Review Bakery


Tabel 1  Perbedaan dan persamaan roti tawar, french bread, roti manis, dan butter soll dari segi bahan, karakteristik produk dan proses pembuatan

Parameter
Roti Tawar
French Bread
Roti Manis
Butter Roll
Bahan
tepung terigu tinggi protein, air, ragi, MYF, garam, gula, lemak, susu bubuk
tepung terigu tinggi protein, air, MYF, garam, gula
tepung terigu tinggi protein, air, ragi, MYF, garam, gula (lebih tinggi di banding roti lainnya), lemak, susu bubuk, shortening, kuning telur
tepung terigu tinggi protein, air, ragi, MYF, garam, gula, lemak, susu bubuk, kuning telur, butter
Karakteristik produk
Berbentuk bantal dengan volume besar, ringan dan berbentuk rongga serta bagian luar berupa crust tipis dengan tekstur yang lembut. Biasanya diiris berlapis dalam penyajiannya. Memiliki rasa yangtawar (tidak manis) karena penambahan gula hanya sedikit dan terjadi penguraian kadar gula menjadi komponen lain ketika proses fermentasi sehingga roti dapat mengembang. Fermentasi yang terjadi berlangsung lama sehingga kadar gula terurai menjadi komponen hasil samping fermentasi, seperti CO2.
Berbentuk pentungan, volume besar akibat hasil fermentasi yang dilakukan.
Berbentuk macam-macam sesuai bentuk yang diinginkan. Memiliki  rasa yang manis karena gula ditambahkan dalam jumlah banyak, dan memiliki tekstur yang lebih empuk serta roti manis biasanya dapat diberi isian dengan variasi isi sesuai dengan yang diinginkan.
Berbentuk lipatan dengan struktur yang lebih mengkilat dan berminyak. Memiliki tekstur yang lembut karena adanya penambahan butter.
Proses Pembuatan
menggunakan teknik sponge and dough, tahapan fermentasi pada adonan berlangsung lama, kemudian gas dikeluarkan. Selanjutnya adonan dibentuk dengan cara dimasukkan ke dalam loyang dan dilakukan pemanggangan. Produk langsung dikeluarkan dari cetakan setelah selesai pemanggangan, lalu diiris-iris sehingga terbentuk lembaran.
Adonan melewati tahapan fermentasi, kemudian gas dikeluarkan dari adonan. Adonan di pipihkan, dipotong memanjang dan digulung sehingga dihasilkan produk roti yang memanjang seperti pentungan. Selanjutnya adonan dilakukan pemanggangan hingga berwarna coklat keemasan.
Menggunakan teknik dough, kemudian adonan melewati tahpan fermentasi, lalu gas dikeluarkan dari adonan. Selanjutnya dilakukan tahapan pembentukan dan pengisian dengan varian isi yang diinginkan, dan setelah itu dilakukan pemanggangan hingga berwarna coklat keemasan.
Adonan roti yang sudah setengah kalis ditambahkan butter dan selanjutnya dilakukan pengadonan hingga dihasilkan produk yang kalis. Kemudian dilakukan tahapan fermentasi, pengeluaran gas dari adonan dan selanjutnya dipipihkan, lalu masuk ke tahapan pembentukan dengan cara adonanan pipih digulung dan didiamkan beberapa saat. Setelah itu, adonan di panggang.


=SISA TUGAS KULIAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar