Senin, 27 Juli 2020

Jelaskan hikmah apa yang dapat diambil dari adanya dualisme kepemimpinan dalam politik Indonesia pasca peristiwa G30S/PKI.


Pertanyaan :
Jelaskan hikmah apa yang dapat diambil dari adanya dualisme kepemimpinan dalam politik Indonesia pasca peristiwa G30S/PKI. Kaitkan pendapatmu dengan sebab-sebab kemunculan dan penyelesaian yang akhirnya terjadi.

Jawab :
Hikmah yang dapat diambil dari adanya dualisme kepemimpinan dalam politik Indonesia pasca peristiwa G30S/PKI adalah peristiwa tersebut menjadi pembelajaran bagi seluruh tingkatan komponen bangsa indonesia, pembelajaran tersebut meliputi semangat patriotisme dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan NKRI oleh seluruh komponen bangsa Indonesia. Dualisme kepemimpinan yang dilakukan Soekarno dan Soeharto berawal dari krisis-krisis yang menimbulkan berbagai gejolak dari rakyat yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. Pengunduran Soekarno sebagi presiden dan dilantiknya Soeharto menjadi presiden mampu menyelesaikan dari adanya dualisme kepemimpinan. Dari peristiwa ini, bangsa Indonesia semakin bersatu erat setelah adanya akhir dari dualisme kepemimpinan nasional pasca peristiwa G30S/PKI karena  pendukung Soekarno dan pendukung Soeharto sebelum berakhirnya dualisme kepemimpinan nasional melakukan penentangan-penentangan yang sangat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

3 komentar: