Kamis, 30 Juli 2020


perbandingan selai kacang tanah dan selai buah yang memiliki pH<4.5

            Selai kacang tanah dan selai buah ber-pH rendah memiliki perbedaan yang bisa bandingkan. Perbedaan yang signifikan bisa dilihat dari karakteristik selai yang dihasilkan, bahan, dan proses pembuatan selai. Selai kacang tanah cenderung memiliki warna yang kecoklatan dengan bahan berupa kacang tanah, minyak kacang tanah, serta gula dan garam sebagai penambah rasa. Selai buah nanas cenderung memiliki warna kuning dengan rasa manis dan sedikit asam dengan bahan baku pembuatanya berupa buah nanas, pektin sebagai gelling agent, gula dan asam sitrat. Pembuatan selai kacang tanah dan selai nanas memiliki perbedaan yang signifikan terutama dalam tahapan pembuatan. Proses penghalusan kacang tanah pada pembuatan selai kacang tanah dilakukan setelah kacang dimatangkan (pengovenan/penyangraian) sedangkaan proses penghalusan pada selai buah nanas proses penghalusan dilakukan sebelum buah nanas dimasak. 
Perbedaan yang lebih spesifik pada selai kacang tanah dan selai buah nanas digambarkan pada tabel 1.
Tabel 1  Perbedaan selai kacang tanah dan selai buah nanas pH<4.5 berdasarkan karakteristik produk, bahan, dan proses pembuatannya.
Parameter
Selai kacang tanah
Selai buah nanaspH<4.5
Karakteristik
Warnanya putih agak kecoklatan, kental dan berbentuk pasta, kenampakan homogen halus dan menggumpal, memiliki aroma kuat, rasa yang manis dan tidak ditumbuhi jamur
Warnanya kuning agak kecoklatan, memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, memiliki aroma khas buah nanas, teksturnya lembut
Bahan
Kacang tanah, gula/madu, garam, margarin/minyak kacang tanah/minyak sayur
Buah nanas, gula, pektin, asam sitrat
Proses pembuatan
Kacang dibersihkan dan dikupas kulitnya, kacang dioles dengan minyak kacang/minyak sayur/margarin kemudian diletakkan dalam loyang lalu di keringkan dalam oven dengan suhu 176°C selama 5 menit. Setelah itu kacang kering dihaluskan kemudian kacang halus dimasukkan dalam wadah dan ditambahkan gula/madu serta sedikit garam. Lalu dilakukan pengemasan.
Buah nanas dikupas dari kulitnya dan diambil daging buahnya, kemudian daging buah dicuci serta dipotong-potong lalu dihaluskan dengan blender sehingga didapatkan pure. Setelah itu, pure dimasak bersamaan dengan penambahan gula, pektin dan asam sitrat dengan suhu 80°C selama 15 menit. Kemudian dilakukan pengemasan.


1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*com x-)
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup. ;-)

    BalasHapus